Desember 22, 2016

3 Cara Mudah Hemat RAM Pada Android


Fredi Yana - Telpon pintar pada saat ini memanglah bukan hal yang spesial lagi, pasalnya semua kalangan sudah memiliki smartphone pada masa sekarang ini. Bukan karena mereka memiliki banyak uang, tetapi pada era ini smartphone sudah merambah ke golongan bawah dengan beberapa vendor ternama yang merilis smartphone dengan harga yang bersahabat.

Nah dari beberapa pilihan smartphone yang ada di pasaran kita tidak bisa lepas dari spesifikasi yang disuguhkan, ada yang spesifikasi pas-pasan dan bahkan sampai yang spesifikasinya yang gahar.

Tidak terlepas dari itu semua ada beberapa permasalahan yang kerap timbul pada smartphone, salah satu yang jadi pengalaman saya adalah kinerja smartphone yang lama-kelamaan akan menurun dan alhasil kinerja smartphone menjadi sangan lemot. Pangkal dari permasalah yang membuat smartphone kita lemot adalah kinerja RAM, yup mesin pacu dari sebuah smartphone adalah RAM itu sendiri.

Nah dari hal tersebutlah yang melandasi saya untuk membagikan Cara Mudah Hemat RAM Pada Android, yang kiranya bisa membantu kalian yang smartphone Android kalian yang sangat lemot karena pemakaian RAM yang terlewat batas. Nah mari kalain simak Cara Mengemat RAM Pada Android dibawah ini

3 Cara Mudah Hemat RAM Pada Android

Sedikit pembahasan tentang apa itu RAM pada smartphone : “RAM (Random Access Memory) adalah  sebuah tipe penyimpanan pada android yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori”. Sumber Wikipedia

  • Hindari Pemakaian Live Wallpapers ataupun Widgets yang berlebih

Memang setiap orang menginginkan tampilan yang menarik pada andorid mereka, tidak terkecuali isi dalaman dari smartphone tersebut. Seperti layaknya memasang dan menggunakan widgets yang diyakini membuat tampilah dalam pada Android lebih menarik bahkan ada juga yang menggunakan Live Wallpapers.
Jangan menggunakan live wallpapers dan widgets berlebih
Tapi tahukah kalian hal diatas bisa membuat android kalian menjadi sangat berat atau lemot? Pemakaian Live wallpapers dan juga widgets adalah salah satu faktor android menjadi lemot karena hal tersebut bisa memakan RAM yang cukup besar. Tidak hanya sampai disana, pemakaian baterai smartphone kalian akan terasa lebih boros ketimbang kalain gunakan hanya untuk sekedar browsing atau menggunakan sosmed.

Apabila kalian tetap ingin menggunakan wallpaper dan widgets dianjurkan untuk menggunakan wallpapers dan widgets yang sederhana saja agar pemakaian RAM tidak terlalu banyak.

  • Perikasalah aplikasi yang masih berjalan pada Backgroud

Pemakaian RAM yang banyak juga bisa dipengaruhi oleh Aplikasi yang berjalan pada backgroud lho, walaupun kalian tidak memakainya tapi aplikasi tersebut masih memakan RAM yang hal tersebutlah membuat penumpukan aplikasi yang akhirnya akan lari ke pemakaian RAM yang begitu besar.
Aplikasi yang berjalan pada background
Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah kalian coba untuk memeriksa aplikasi apa saja yang berjalan di latarbelakang pada android kalian, kalian cukup ikuti cara ini Masuk ke Settings-Battery & Storage-Memory. Ketika jendela baru terbuka kalian akan melihat aplikasi apa saja yang masih berjalan pada Android kalian, untuk meminimalisir pemakaian RAM yang begitu banyak karena aplikasi tersebut kalian cukup pilih aplikasi mana yang tidak kalian gunakan untuk kalian mulai mematikannya.

  • Matikan Transisi dan Animasi yang aktif

Fitur transisi dan animasi adalah fitur yang wajib dimiliki oleh setiap smartphone karena fitur ini memang sudah bawaan dari pabriknya sendiri, biasanya fungsi dari fitur tersebut adalah untuk memperindah penampilah antarmuka pada smarphone kalian. Namun tahukan kalian apabila fitur tersebut bisa membebani RAM itu sendiri, nah maka dari itulah coba kalian matikan fitur tersebut agar smarphone android kalian tidak menggunakan RAM begitu banyak.
Matikan fitur transisi dan animasi
Cara untuk mematikannya cukup mudah kalian hanya perlu masuk ke menu Setting>Developer. Setelah terbuka akan ada tiga buah pilihan yang akan muncul yaitu Animator duration scale, window animation scale, dan juga transition animation scale. Matikan semua fitur tersebut, dengan begitu kalian sudah melakukan cara menghemat RAM pada android kesayangan kamu.

Memang masih banyak cara untuk menghemat RAM android tapi saya disini cuma mengambil garis besarnya saja agar mudah diaplikasikan pada smartphone kalian dan pastinya semua individu juga bisa melakukannya tanpa perlu lagi otak-atik isi tengah dari smarphone kalian. Nah semoga membantu dan terimakasih.

Cara Mudah Hemat RAM Pada Android - Fredi Yana

3 Cara Mudah Hemat RAM Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf komentar saya Moderasi agar tidak adanya spammer yang menumpuk