Maret 03, 2016

Kiddle Mesin Pencari Khusus Untuk Anak-anak

Kiddle Mesin Pencari Khusus Untuk Anak-anak | Fredi Yana
Kiddle Mesin Pencari Khusus Untuk Anak-anak - Coba kita bayangkan saja, apa jadinya kalau dunia ini tiada Google. Coba kita kembali lagi memikirkan hal-hal yang waktu dulu yang masih minim Gadget dan juga minim fasilitas seperti sekarang ini, kita dalam mencari sebuah pelajaran atau referensi untuk karya ilmiah musti pergi ke perpustakaan.

Yang lebih menjengkelkan lagi apabila kita mencari buku yang kita cari di dalam deretan buku-buku yang lain, dan tentunya dengan jumlah yang banyak kan!. Tapi itu dulu, jaman sekarang semua itu sudah mulai agak berkurang karena sudah terbantunya oleh koneksi internet yang universal dan juga mesin pencari yang senang tiasa mencarikan kita artikel yang benar-benar kita butuhkan.

Kenyamanan itu semua tercakup dalam simple, cepat dan yang terpenting akurat. Nah salah satu mesin pencari yang populer di era ini kita tahu adalah Google.com, disana sudah terpapar hasil yang kita inginkan jika kita mengetikan Keyword pada kolom pencarian. Nah dengan kemudahan tersebutlah kita masih takut untuk memberikan kebebasan untuk anak-anak yang masih dibawah umur, takut karena mereka bisa saja menyalahgunakan mesin pencari untuk dapat mengakses konten dewasa.

Dari ketakutan tersebutlah banyak hal yang dilakukan, ada yang memblokir situs dewasa dan hal-hal lain agar bisa menetralisir konten yang berbau por*o. Dengan hal tersebutlah Google.com telah merilis mesin pencarian baru yang dinamakan Kiddle Mesin Pencari Khusus Untuk Anak-anak.

Logo pada mesin pencari ini juga sama dari penampilan warna yang terdapat pada search angine yang mempercantik tampilan Google.com. Yang membedakan mesin pencari kiddel.co dengan Google.com adalah pada latar background yang dimana Google.com mengusung warna putih polos dan kiddle.com mengusung background yang menampilkan gambar luar angkasa yang lengkap dengan kawah-kawah pada suatu planet. Bukan terhenti sampai disana saja, robot alien yang terdapat pada bagian bawah kotak pencarian juga mengambil andil dalam mempercantik tampilan mesin pencari ini.
robot alien yang terdapat pada bagian bawah kotak pencarian kiddle.co
Kiddle, mesin telusur visual yang diperuntuhkan untuk anak-anak ini telah didukung oleh editor dan juga pencarian aman yang terdapat pada Google yang memungkinkan untuk anak melakukan pencarian gambar, berita, WEB, atau bahkan video. Setelah anak memasukan kata kunci pada kolom penelusuran maka kiddle akan langsung menampilkan daftar-daftar link yang terkait. Hasil dari pencarian tersebut akan diurutan pertama hingga ketiga adalah hasil dari penelusuran halaman dan juga situs aman yang penulisannya bertujuan untuk memberikan ulasan yang sedang di cari oleh sang anak tersebut dan yang pastinya sudah diperiksa oleh editor.

Situs yang berurut keempat sampai tujuh berikutnya adalah halaman yang memiliki konten yang ditulis menggunakan bahasa yang sederhana agar anak bisa memahami isi dari tulisan yang di paparkan oleh si penulis. Pada hasil yang selanjutnya adalah halaman yang ditulis oleh orang dewasa namun masih tersaring oleh mesin telusur aman Google tetapi akan sangat sulit untuk anak dalam memahami isi dari tulisan tersebut.


“Karena hasil pencarian Kiddle dipilih dan diperiksa oleh editor atau disaring oleh pencarian aman Google, maka anak-anak akan mendapatkan konten yang berorientasi tanpa ada konten. Dalam beberapa kasus kata-kata buruk yang muncul dalam daftar pencarian, maka robot kami akan memblokir pencarian tersebut, “ulasan dalam halaman tentang Kiddle.

Kelebihan dari mesin telusur Kiddle.co ini adalah orang tua bisa memblokir kata kunci tambahan dengan cara mengirimkan formulir dan mungkin saja meminta untuk pihak Google memblokir situs yang dianggap tidak masuk dalam kategori anak-anak.

Perbedaan yang mencolok dari mesin telusur kiddle.co juga terdapat pada hasil pencariannya yang telah rombak dan memiliki ilustrasi lebih dengan di selipi thumbnail gambar besar dan juga font arial yang ukuran tulisannya berukuran besar yang bertujuan agar anak besa membaca teks dengan lebih baik.

Mesin telusur ini juga tidak akan mengumpulkan informasi yang pribadi dan juga bisa membersihkan log-nya secara otomatis setiap 24 jam.

Kiddle Mesin Pencari Khusus Untuk Anak-anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown